Jumat, 18 November 2016

Setiap Manusia




Manusia adalah ciptaan Tuhan. Tuhan menciptakan manusia dengan akal dan pikiran. Tuhan menciptakan manusia dengan rupa yang berbeda-beda. Ada yang berwajah bulat, ada yang berkulit putih, ada yang bermata sipit. Manusia juga memiliki sifat atau karakteristik tertentu.

Setiap manusia pasti mempunyai sisi baik. Ya.. Aku percaya karena pada dasarnya manusia adalah baik. Hanya saja sifat, pola pikir atau didikan sejak kecil dan lingkungan dapat mempengaruhinya.

Setiap manusia itu pasti punya kemampuan. Setiap manusia itu pintar. Setiap manusia itu cerdas. Setiap manusia itu pandai. Aku yakin itu.. Bahkan yang mungkin kita anggap ia adalah siswa atau siswi yang kurang disiplin pada masa sekolahnya dahulu. Sering tidak masuk sekolah, sering keluar dalam pelajaran sekolah tanpa izin, sering tidak mengerjakan tugas. Tapi justru mereka bisa sukses pada saat ini dan mugkin mengalahkan teman-temannya yang lain saat di sekolah yang sama dahulu. Dan ketika nilai dalam mata pelajaran dahulu di sekolah tidak mendapat nilai yang bagus atau dalam arti kurang berprestasi di sekolahnya. Tapi dalam menghadapi suatu hal atau masalah dalam kehidupannya. Ia tahu, ia mengerti apa yang seharusnya ia lakukan. Tindakan yang bijak yang pada akhirnya mengeluarkan ia dalam suatu masalah. Mengapa demikian? Karena...... Pada dasarnya manusia itu pintar.. Manusia itu baik.. Tuhan telah menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya penciptaan. Dan aku yakin Tuhan menciptakan kita bukan dengan sia-sia. Ada maksud yang terdapat di dalamnya. Namun, untuk dapat menemukan itu, memang terkadang tidak mudah. Tapi, coba perhatikan, setiap apa pun itu pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, bukan? Begitu pun juga dengan manusia. Kita diciptakan dengan beberapa kekurangan berikut juga dengan kelebihannya. Dalam diri manusia ada 'sesuatu' di dalamnya. Yang mungkin bisa berbeda, dari setiap individu. Ada yang ahli dalam satu bidang, tapi mungkin lemah dalam bidang lain. Tapi bukan berarti, jika kelemahan dalam satu bidang, maka ia lemah dalam semua bidang. Aku yakin, selalu ada 'sesuatu' di dalamnya. Sebagai contoh, ada yang ahli dalam bidang seni, ada juga yang ahli dalam bidang olahraga dan lain-lainnya.

Setiap manusia pasti punya kemampuan dan rasa tanggung jawab. Ya, walaupun semua itu tergantung pada diri masing-masing, karena setiap individu itu berbeda-beda. Walaupun berbeda-beda, tapi kita sebaiknya tidak memandang sebelah mata orang lain. Dan kita tidak pernah tahu, bisa jadi orang yang kita anggap buruk tapi justru lebih baik dari kita. Jangan pernah mengambil kesimpulan atau membuat pernyataan sendiri tanpa melihat kebenarannya terlebih dahulu. Jangan pernah melihat orang lain dari penampilan luarnya saja.

Ayo,  kita lebih berpikir positif. Lebih bijak dalam memandang suatu hal. Karena kita adalah manusia. Yang telah diciptakan oleh Tuhan dengan sangat istimewa..



Hmm.. Semoga bermanfaat..


*Smile and Love

2 komentar: